-->

Tips Menjadi Host/MC yang Baik


Menjadi host/MC di suatu acara adalah sebuah kebanggaan tersendiri oleh sebagian besar orang. Bayangkan Anda tampil di depan banyak orang dan memandu jalannya acara dari awal sampai selesai. Jika acara berjalan dengan lancar dan sukses, tentu pembawa acaranya akan merasa puas dan bahagia. Mengingat pembawa acara merupakan salah satu orang yang menjadi pusat perhatian selama jalannya acara tersebut. Tentunya, menjadi seorang host/MC harus tampil dengan maksimal, supaya penonton tidak bosan da tertarik untuk mendengarkan. Nah berikut ini ada beberapa tips menjadi host/MC yang baik. Supaya Anda yang ingin menjadi pembawa acara dapat menerapkannya dan menjadi host yang menarik dan tidak membosankan.

1. Kenali Acaranya

Sebelum menjadi host/MC di sebuah acara, cobalah untuk mempelajari acaranya terlebih dahulu. Seperti, konsep, nama, undangan yang hadir, hingga susunan acara. Jika Anda sudah mengetahui semuanya, Anda tidak akan kehabisan topik pembicaraan dengan para penonton.

2. Jaga Komunikasi dengan Panitia

Tips menjadi host/MC yang kedua adalah menjaga komunikasi dengan para panitia, karena panitia merupakan seseorang yang akan memberi tahu Anda tentang detail acara. Dengan begitu, Anda akan merasa siap untuk memandu acara tersebut dan hal itu akan membuat Anda menjadi fokus dalam berinteraksi dengan penonton.

3. Fokuslah ke Penonton

Sebagai seorang MC, Anda harus fokus terhadap penonton. Jaga interaksi yang baik dengan para penonton. Supaya semua tamu yang hadir dapat terhibur dan menikmati acaranya.

4. Pelajari detail acara

Sebelum memulai acara, seorang MC harus tahu detail acaranya. Jangan sampai Anda tampil dengan kepala kosong dan tidak punya gambaran apapun terkait acara yang akan dipandu.

5. Selalu Tersenyum

Senyum akan membuat Anda sebagai MC terlihat lebih rileks dan nyaman. Jika ingin membuat penonton menikmati acaranya, maka seorang MC harus selalu ceria dan menebarkan senyuman. Selain itu, seorang MC harus peka terhadap kondisi suasana penonton. Jika penonton sudah muali bosan, MC harus siap menghibur atau memberikan lelucon yang bisa meningkatkan kembali semangat penonton.

Itulah beberapa tips menjadi host/MC yang baik. Sekali lagi, MC adalah penentu sebuah acara berjalan sukses atau tidak. Jadi, tampilah semaksimal mungkin dan sebaik mungkin.

Tips Menjadi Host/MC yang Baik